TURUN GELANGGANG: REFLEKSI HARI KEBANGKITAN NASIONAL (20/5/2015)


Setiap pemikiran manusia tidak akan bisa lepas dari pengaruh historis, geografis, sosiologis, budaya dan berbagai lingkup sosial lainnya. Karena itu merupakan suatu respon terhadap kondiri riil yang terjadi.

Bangsa ini tidak kekurangan bahkan terlalu kaya, banyak pemikir dan intelektual di Negara yang telah dikenal dengan konsep pendidikan Patrap Triloka-nya. Maka dirasa sangat perlu bagi para pemikir dan intelektual untuk merespons kasus-kasus sosial yang saat ini telah mencekik bangsa ini. Respons yang didasari akan keilmuan yang mendalam, penguasaan masalah sevara komprehensif, kepekaan soail yang tajam, daya analisis yang memadai. Sehingga muncullah solusi-solusi cerdas sesuai dengan bidang keilmuan.

Tidak hanya sebatas itu, namun ada kewajiban bagi mereka untuk turun gelanggang untuk mengubah jalan sejarah kehidupan sosial yang ideal sesuai dengan bagunan pemikiran bangsa ini.

Seorang pemikir dan intelektual harus turun ke bumi untuk mengubah roda kehidupan sejarah manusia. Tidak hanya sebatas berada di singgasana langit yang tidak pernah tersentuh oleh kehidupan bumi.

Jangan kita jadikan masyarakat kelas bawah terus menikmati kubangan kebodohan, kemiskinan, keterbelakangan, ketertindasan, dan ketidakberdayaan structural maupun cultural. Mari kita bangkitkan mereka dari berbagai fenomena tersebut, kita sebagai agent of social change harus berani mengambil konsekuensi-konsekuensi yang tidak ringan, siap membaur dengan masyarakat, membimbing masyarakat, secara terus-menerus guna membangkitkan derajad masyarakat kelas bawah menuju perubahan mental, ekonomi, budaya, dan moral yang lebih baik dengan penuh optimisme, konsistensi, dan komitmen (vertical-horizontal) yang kuat, dan membumikan pancaila dalam tataran realitas.

wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s