KIBLAT MANUSIA INDONESIA


Manusia Indonesia saat ini yang berdiam di Indonesia, saat ditanya tentang arah kiblat tentu jawabannya tidak akan meragukan lagi, bahwa kiblat pasti menunjuk ke arah Barat.

Kita sebagai manusia Indonesia apakah sudah yakin kalau kiblat kita adalah arah Barat, seperti mindset saat ini yang ada.Sebagai manusia Indonesia sebenarnya dalam menentukan arah kiblat sangatlah susah. Banyak pertanyaan tentang kiblat sebelum manjawab pertanyaan tentang kiblat. “kiblat apa yang harus saya jawab? kiblat sholatkah, pendidikankah, ekonomikah, teknologikah, dan lain-lain?”

Mungkin yang menjadi renungan bersama adalah bahwa kiblat kita ke arah barat itu hanya pada dua kejadian. yakni, pada saat kita sholat dan saat kita berada diliang kubur (nanti), keduanya pasti akan menghadap dan dihadapkan ke arah kiblat (Barat).

Kalau kiblat Pendidikan Indonesia adalah Amerika-Australia, kiblat Ekonomi Indonesia adalah China, kiblat teknologi kita Jepang-Jerman-Rusia, dan lain-lain.

“Kearifan lokal harus terus dijaga, karena di dalamnya mengandung nilai-nilai universal.” Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden ke-6 Indonesia)

Bangsa ini terlalu banyak kiblat. maka, mari kita perkuat jati diri bangsa dengan budaya Indonesia yang sesungguhnya, mari kita jadikan pancasila sebagai filter atas adanya berbagai dampak internasionalisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s