FORMULA KEWAJARAN


Wajar Kedudukanmu Tinggi

Wajar Kamu Pandai

Wajar Kamu Korupsi

Wajar Kamu Masuk Penjara

Ilmu yang dapat mendamaikan diri kita adalah ketika ilmu itu dapat mencapai pada kata wajar. Karena, susungguhnya apa yang ada di dunia ini adalah wajar adanya dan sesuai dengan formulanya. Ex. Ada anak pandai matematika, ketika diteliti ohh wajar ternyata Ibu dan Bapaknya Guru Matematika; ada anak pandai berenang, ketika diteliti, ohh wajar ternyata sering berlatih renang; ada anak cakep, ketika diteliti ternyata Ibu dan Bapaknya Jelek, ketika diteliti ohh wajar ternyata anak angkat.

Ilmu yang hebat itu yang mengerti akan kewajaran, karena dalam kewajaran ini kita harus menlihat dua hal yaitu akibat dan sebab, diantara akibat dan sebab ini ada yang namanya proses, sehingga kita tahu bahwa kewajaran itu ilmunya orang yang berilmu, dimana orang berilmu tidak akan menghakimi sebuah akibat.

Ketika manusia melakukan sesuatu dengan cara yang baik maka hasilnya akan baik. Begitu juga sebaliknya, ketika manusia melakukan sesuatu dengan cara yang tidak baik maka hasilnya tidak baik pula. Tapi kalau tidak sebanding, antara akibat dan sebab maka tentunya ada sesuatu yang wajar pula dan inilah yang disebut kewajaran.

Mencapai kewajaran bukanlah perkara yang mudah, dibutuhkan ilmu. Yaitu mengamati akibat dan mengamati sebab dengan berangkat dari hati baik, dari hati yang penyayang, dari pikiran yang jernih, kecerdasan yang amanah.

Mari kita mencapai suatu kewajaran itu ilmu, karena Tuhan menjanjikan akan menaikkkan derajad manusia ke beberapa tingkat yang lebih tinggi kalau manusia itu berilmu.

Wallahu A’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s